Kamis, 21 November 2013

My Pregnancy Journey : 2nd Month



Mei-Juni 2013
Pekan kelima, kami memutuskan untuk memerikasakan ke dsog. Memastikan apakah memang positif atau tidak. Setelah mencari tahu jadwal praktek seorang dsog yang direkomendasikan salah seorang teteh, akhirnya hari Jum’at sore, tanggal 24 Mei 2013,kami pergi ke RSB Emma Poeradiredja di Jalan Sumatera. Aku dan abang janjian untuk bertemu disana. Sampai di RSB Emma, abang belum datang, aku daftar dulu. Ditimbang berat badan, dan ukur tensi. Karena masih dibawah 5 bulan, jadi kata susternya, aku harus banyak minum dulu sebelum USG. Baiklah. Alhamdulillah aku bawa minum. Jam 15 abang datang. Karena dokternya masih belum datang, kami shalat Ashar dulu. Hingga selesai shalat Ashar pun kami masih harus menunggu. Dokternya belum juga datang. Dokter baru datang jam 16.15 an. Sudah berapa kali aku bolak-balik ke toilet, lalu minum lagi sebelum tiba giliran diperiksa. Saat giliran kami, aku langsung di USG. Kata dokter, sudah terlihat kantung kehamilannya. Insya Allah positif. Aku diberi obat herbal oleh dokternya. Kami diberi tahu makanan yang harus dimakan, yang tidak boleh dimakan, apa yang harus diperhatikan, dll. Tapi memang cukup singkat penjelasan dari dokternya. Mungkin karena dokternya mengejar antrian pasien yang sudah menanti dari tadi.

Alhamdulillaah…
Jadilah sekarang begitu memperhatikan apa yang kumakan. Aku belum mengalami yang dinamakan morning sickness. Hingga minggu ke 6-7, barulah merasakan apa yang disebut morning sickness. Tapi sepertinya, bagiku istilah morning sickness ini tidak terlalu tepat. Karena aku baru benar-benar muntah biasanya pada malam hari. Mual memang sepanjang hari, tetapi begitu masuk sore hari ke malam, mual yang kurasa semakin menjadi, dan biasanya muntah pada malam hari.Tapi alhamdulillah, aku tidak mengalami apa yang disebut dengan hyperemesis. Muntah yang kualami paling banyak sehari 3 kali. Seringnya sekali atau dua kali saja sehari. Akupun masih bisa makan. Meskipun kalau makan nasi agak kurang bisa. Makanya abang rajin banget beliin roti tawar. Biar kalo aku ga bisa makan nasi, tinggal makan roti aja. Selain roti, abang juga beliin buah-buahan, sama coklat. Hehe… Kalau lagi mual, biasanya aku ngemil Chacha. Sebut merk gini. Biarlah ya… Cukup efektif untuk melawan rasa mual. Pakai permen jahe juga bisa. Pokoknya apa saja yang bisa membuatku meredakan rasa mual, kucoba. Minum air putih yang banyak. Tapi, karena minum air putih jadi berasa hambar, dang a enak, akhirnya diakalin minum air putih yang dicampur dengan dua sendok madu.

Katanya orang hamil itu kan mual, muntah, pusing, dll. Kalau pusing aku ga terlalu sering merasakannya. Alhamdulillaah… Kadang-kadang aja. Itupun bisa hilang dengan istirahat atau makan. Bulan ini mulai banyak membaca tentang kehamilan, dan beli buku tentang kehamilan juga. Oiya, abang membelikanku susu ibu hamil juga. Tapi, ternyata begitu kuminum, dalam hitungan 10 menit pun sudah keluar lagi. Awalnya aku ragu minumsusu, takut mual muntah. Tapi abang mencobanya dulu. Hehe… Setelah abang bilang enak, baru aku berani mencobanya… Tapi, ya gagal, karena kumuntahkan lagi susunya. Akhirnya aku belum berani meminumnya kembali. Banyak makan kacang hijau aja untuk asam folatnya.

Alhamdulillah, bulan kedua berjalan lancar… Aku dan abang juga sudah bertekad untuk mengintensifkan diri dengan Al-Quran. Karena ingin anak kami menjadi pribadi yang qur’ani kelak,maka itu harus dimulai dari orangtuanya dulu, kan? :D

To be continued

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-

-Bergeraklah, karena diam berarti kematian- 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..