Rabu, 24 September 2014

JODOH Hari 8

��Faidah Hadits ke 8

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد.

قال النبي صلى الله عليه وسلم:
من لا يرحم الناس لا يرحمه الله. أخرجه البخاري ومسلم واللفظ له.

Hadits ini menunjukkan sifat kasih sayang Allah kepada hamba-Nya yang (ia) juga berkasih sayang terhadap sesamanya.
Dalam riwayat lain disebutkan : "Mereka yang berkasih sayang akan mendapat rahmat dari Ar Rahman. Sayangilah makhluk yang ada di bumi, niscaya (Allah) Dzat yang berada diatas langit akan menyayangi kalian." (H.R. Abu Dawud & Tirmidzi)
Dan seluruh makhluk sangat membutuhkan rahmat dari Allah. Tidak ada yang sanggup hidup tanpa rahmat dari Allah.

Hadits ini juga berisi anjuran berbuat baik terhadap sesama manusia tanpa membedakan usia, jenis kelamin, ras, agama, pendidikan, atau bahkan kedudukan. Inilah hakikat agama Islam. Agama yang penuh rahmat (kasih sayang) karena aturannya dibuat oleh Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Begitu pula rasul-Nya, dimana ia sangat menyayangi umatnya melebihi kasih sayang manusia terhadap dirinya sendiri -shallallahu'alaihi wasallam-.

Diantara bentuk kasih sayang terhadap manusia adalah mengajak mereka agar mentauhidkan Allah Ta'ala dan memperingatkan mereka dari bahaya berbuat syirik. Begitu juga, mendakwahi mereka agar berpegang teguh kepada sunnah dan meninggalkan perbuatan bid'ah.

Diantara bentuk kasih sayang terhadap manusia adalah mengajak mereka agar bertakwa kepada Allah, mengamalkan ajaran agama, dan istiqomah diatasnya hingga ajal menjemput karena hal tersebut merupakan sebab selamat di dunia & akhirat. Dan juga memperingatkan mereka dari bahaya perbuatan dosa & maksiat, baik kecil maupun besar karena hal tersebut merupakan sebab celaka di dunia & akhirat.

Diantara bentuk kasih sayang terhadap manusia adalah menghukum siapapun yang berhak dihukum. Seperti zina muhshon yang berhak dirajam, dll. Kenapa dikatakan kasih sayang -padahal zhahirnya penindasan- ? Ya. Itu termasuk bentuk kasih sayang baginya, yaitu agar ia terbebas dari siksa Allah pada hari kiamat kelak. Dan pedihnya siksa di dunia belum seberapa dengan siksa Allah di akhirat.

Diantara bentuk kasih sayang terhadap manusia adalah bermuamalah dengan mereka (dengan baik) sebagaimana kita juga ingin diperlakukan demikian.

Marilah kita mencari rahmat Allah dengan berkasih sayang terhadap sesama. Khususnya bulan Ramadhan. Bulan dilipatgandakannya amal kebaikan. Bulan pelatihan rasa kasih sayang terhadap sesama.

اللهم اجعلنا من الرحماء وارحمنا، اللهم تقبل صيامنا واجعله خالصا لوجهك الكريم، اللهم تب علينا واغفر لنا.
والله تعالى أعلم.
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك.
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.

Ust Ridwan Arifin.
-Mahasiswa UIM-
Program JODOH.

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
- Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..