Senin, 29 September 2014

JODOH Hari 12

Faidah Hadits ke 12

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد.

قال النبي صلى الله عليه وسلم: إذا سمعت النداء فأجب داعي الله.

Hadits ini mengingatkan kita akan kisah seorang sahabat yang bernama Abdullah bin Umi Maktum radhiyallahu'anhu. Yaitu disaat ia meminta izin kepada Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam untuk tidak menghadiri shalat jama'ah di masjid. Namun, Beliau shallallahu'alaihi wasallam tetap memerintahkannya untuk datang ke masjid karena ia mendengar suara kumandang azan.

Berdasarkan hadits ini dan beberapa hadits lain, para ulama berpendapat bahwa hukum shalat fardhu secara berjamaah di masjid bagi laki-laki adalah wajib kecuali ada udzur syar'i yang menjadi penghalang.

Kaum muslimin -hafizhakumullah-

Para sahabat radhiyallahu'anhum adalah orang yang paling semangat dalam mengikuti Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam dalam segala hal. Disaat mereka tahu bahwa Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam mengerjakan atau memerintahkan sesuatu, maka mereka bersegera mengamalkan hal tersebut, mulai dari hal yang kecil hingga yang besar. Termasuk dalam hal ini, shalat berjamaah bersama Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam. Tidak ada satu pun para sahabat yang meremehkannya. Lalu, apa yang mendorong Abdullah bin Umi Maktum radhiyallahu'anhu berkeinginan shalat di rumah ketimbang di masjid bersama Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam ?

Ya. Setidaknya ada enam sebab (udzur) yang dimiliki oleh Abdullah bin Umi Maktum radhiyallahu'anhu saat itu, yaitu:
1. Beliau mengalami kebutaan.
2. Tidak ada yang menuntun Beliau menuju masjid.
3. Rumah Beliau lumayan jauh dari masjid.
4. Banyaknya pepohonan yang tumbuh antara rumahnya dan masjid.
5. Adanya binatang buas & berbisa yang berkeliaran.
6. Kondisi Beliau yang sudah tua.

Kaum muslimin -hafizhakumullah-

Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam tidak menganggap udzurnya sebagai penghalang untuk tidak hadir shalat berjamaah di masjid selagi dia mendengarkan suara kumandang adzan. Lantas, bagaimana dengan seseorang yang tidak shalat berjamaah di masjid sedang kondisinya tidak seperti Abdullah bin Umi Maktum radhiyallallahu'anhu ?

Marilah kita perhatikan syi'ar Islam yang satu ini, yaitu shalat berjamaah di masjid khususnya bagi laki-laki. Yakinlah, bila kita membaca dalil-dalil yang terkait dengan keutamaan adzan & masjid, niscaya kita akan sulit dan berat untuk meninggalkannya (tidak mengamalkannya).

اللهم أعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك. اللهم تقبل صيامنا وركوعنا وأعمالنا واجعلها خالصة لوجهك الكريم.
والله تعالى أعلم.
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك.
وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.

Ust Ridwan Arifin
-Mahasiswa UIM-
@Program Jodoh

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..