Senin, 22 September 2014

JODOH Hari 6


Faedah Hadits 6

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد.

قال النبي صلى الله عليه وسلم:
الدين النصيحة.
وفي رواية: قلنا: لمن يا رسول الله ؟ قال: لله ولكتابه ولرسوله ولأئمة المسلمين وعامتهم. أخرجه مسلم. وأخرجه البخاري معلقا في كتاب الإيمان باب قول النبي : الدين النصيحة : لله ولرسوله ولأئمة المسلمين وعامتهم.

Makna nasehat dalam hadits ini, sangat beragam dikarenakan tidak adanya kalimat yang sepadan untuk menafsirkannya. Namun, makna nasehat berkisar pada pengertian berikut; yaitu mengajak pihak yang dinasehati kepada perbuatan yang bisa memperbaiki kondisinya, menjadikan jiwanya lebih selamat dan bersih.

Agama Islam memang agama yang murni, bersih dari kebatilan, kecurangan, khianat, dan lain-lain yang sifatnya merusak. Begitu pula dengan seorang muslim, -bila ia benar-benar konsisten dalam beragama- ia adalah sosok yang bersih, sesuai antara lahir & batinnya, selamat dari akhlak tercela.

Seorang muslim adalah:

* mereka yang memurnikan hubungannya dengan Allah, yaitu dengan beribadah hanya kepada-Nya tanpa menyekutukan-Nya dengan makhluk, beriman kepada-Nya secara lahir & batin dengan iman yang sempurna, mengesakan-Nya dalam Rububiyah, Uluhiyah, & Asma wa Shifat, khauf & raja kepada-Nya, bertaubat & istighfar kepada-Nya.

*mereka yang memurnikan hubungannya dengan Kitab Allah, yaitu dengan mengimaninya meyakininya sebagai kalamullah bukan makhluk, diturunkan kepada Rasul-Nya shallallahu'alaihi wasallam, juga sering membacanya, mentadabburinya, mengamalkannya.

*mereka yang memurnikan hubungannya dengan Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam, yaitu dengan bersaksi bahwa Beliau adalah utusan Allah, menaatinya, mengamalkan ajaran yang dibawanya, mencintainya melebihi cintanya terhadap diri, orang tua, bahkan anaknya, tidak menisbatkan suatu hadits kepadanya kecuali setelah jelas kebenaran riwayatnya, tidak sembarang menafsirkan perkataannya, menjauhi perbuatan bid'ah.

*mereka yang memurnikan hubungannya dengan waliyul amr, yaitu dengan mengakui kepemimpinannya, menaatinya dalam perkara yang ma'ruf, melaksanakan tugas yang diberikan olehnya -bila ditunjuk untuk mengurusi urusan kaum muslimin-, meluruskan kesalahannya disaat melakukan kesalahan & dilakukan secara tertutup bukan di majelis umum, mendoakan kebaikan untuknya.

*mereka yang memurnikan hubungannya dengan kaum muslimin, yaitu dengan bermuamalah yang baik & jujur, mendakwahkan mereka kepada jalan Allah, amar ma'ruf nahi mungkar, memberi masukan kepada saudaranya yang  musyawarah bersamanya.

(Diringkas dari al Minhah ar Rabbaniyah karya Syaikh Shaleh al Fauzan -hafizahullah-, hal. 111-121)

Demikianlah sifat seorang muslim yang sebenarnya. Dia berusaha membersihkan jiwanya dari kotoran dosa & maksiat, yaitu dengan memenuhi hak Allah, Rasul-Nya shallallahu'alaihi wasallam, kitab-Nya, waliyul amr, dan kaum muslimin dengan sebenar-benarnya.

اللهم اجعلنا من الناصحين لدينك. اللهم أعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك.
والله تعالى أعلم.
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك.
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

@ Ust Ridwan Arifin -Mahasiswa UIM semester akhir-
@Program Jodoh

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..