Kamis, 18 September 2014

JODOH Hari 3

Hafalan hari ini, hadits ketiga... :)

Faidah Hadist 3

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”. ( Muttafaqun ‘alaih)

Faidah :
Allahu Akbar.. betapa indahnya syariat islam. Tidak ada satu sebab pun yang berpotensi untuk mengantarkan manusia kepada syurga dan menjauhkan dari api neraka melainkan telah dijelaskan oleh Allah dan Rosul-Nya shollahu ‘alaihi wa sallam.
Seperti hadist ini, yang berisi anjuran bersedekah –yang merupakan sebab dijauhkan dari api neraka- meski dengan hal-hal yang dianggap remeh oleh sebagian manusia.

Bukan terbatas pada kurma saja. Akan tetapi, mencakup sedekah secara umum. Bahkan, sesuap makanan yang dibelikan suami kepada istrinya juga termasuk sedekah. Adapaun penyebutan kurma dalam hadist ini adalah karena kurma merupakan makanan pokok penduduk Hijaz (Madinah, Mekkah dan sekitarnya).

Dalam riwayat lain terdapat tambahan :
فان لم تجدوا فبكلمة طيبة

Artinya :
Bila kalian tidak memiliki sesuatu yang bisa disedekahkan meski separuh kurma) maka (jaga diri kalian dari neraka) dengan kata-kata yang baik.

Subhanallah. Ketika ada seorang peminta sedekah dan kita tidak memiliki sesuatu yang disedekahkan, maka jangan cerca dia dengan kata-kata yang buruk. Akan tetapi, berkatalah yang baik yang bisa menyuejukkan perasaannya (karena tidak ada sedekah) karena hal itu bisa menjadi sebab kita terjaga dari api neraka.
Dan “perkataan baik” disini bersifat umum. Bisa berupa kalimat yang berisi petunjuk, atau penyelesaian sebuah permasalahan, atau perbaiakan hubungan anatara dua pihak yang berselisih, atau kalimat penenang bagi orang yang sedang marah, dll.

Oleh karenanya, marilah kita saling berlomba-lomba dalam perbuatan kebajikan selagi masih diberi kesempatan untuk beramal di duniaini, khususnya di bulan Ramadhan nanti. Jangan malu-malu untuk bersedekah. Iringi sedekah anda dengan rasa ikhlas hanya untuk Allah dan berharap semoga Allah menerimanya sehingga bisa menjadi sebab dijauhkannya anda dari apai neraka.

Pertanyaan :
Ustadz, hadist ini ada kaitannya tdk dengan kisah Aisyah radhiallahu 'anha yang bersedekah dengan sebuah kurma kepada seorang ibu dengan dua anak perempuanny, yang kemudian ibu itu membelah kurma menjadi 2 untuk kedua anaknya?

Jawaban :
Kisah Aisyah radhiallahu 'anha diatas bisa dikatakan sebagai penerapan dari hadist yang sedang kita bahas. Dan ini menunjukkan keutamaannya.  Namun, syahid dalam kisah Aisyah diatas adalah janji surga bagi orang tua yang bersabar mengurus anak perempuannya. Wallahu a’lam.

Rosulullah shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda –dalam kisah Aisyah diatas- :
من يلي من هذه البنات شياء , فأحسن اليهن , كن له سترا من النار
Artinya :
Siapapun yang menjadi wali (mengurusi keperluan) anak perempuan, kemudian dia berbuat baik kepada mereka, maka mereka akan menjadi pelindung baginya dari api neraka.

Dalam lafadz lain :
من ابتلى من هذه البنات بشيء

Siapapun yang diuji dengan (kehadiran) anak perempuan.

Ust Ridwan Arifin
-Mahasiswa UIM semester akhir-
@Program Jodoh

Sumber : Program Jodoh

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..