Rabu, 14 Mei 2014

Alergi Pada Newborn

Saat itu umur Umar belum genap sebulan... Pertama kali melihat, kalau ia ingin buang angin, terlihat seperti yang kesakitan. Kami kira itu hanya sementara... Eh ternyata hampir 3 minggu setelahnya selalu begitu.. Bahkan terlihat lebih parah... Kalau mau buang angin seperti yang ngeden kuat, terus mukanya sampai merah banget... dan tentu saja menangis. Bingung, kenapa... udah dikasih minyak telon, tapi ga terlalu berpengaruh. Pusarnya pun semakin menonjol keluar. Apalagi kalau menangis... Kata dokter, Umar diare. Memang sih, BAB nya sering, tapi kan newborn baby memang frekuensi BAB nya sering.. Trus ditambah saat dokter melihat pusar Umar yang menonjol, udah bilang, kalau masih menonjol terus, harus dicek ke dokter spesialis bedah anak. Perlu dibedah atau ga. Hwuaaa...

Kami kan newbie parent... Belum ada pengalaman gini... Akhirnya, aku searching di internet. Kalau anak suka ngeden saat mau buang angin itu kenapa... Kucari-cari...Semua artikel kubaca...Ternyata ada!! Persis seperti Umar. Di blog seorang ummahat. Ternyata penyebabnya adalah makanan yang dikonsumsi ibunya...  Bayi baru lahir pencernaannya belum berkembang sempurna, sehingga ada bayi yang alergi bila ibunya mengonsumsi makanan tertentu. Dari beberapa makanan yang memicu alergi pada bayi, kusimpulkan sepertinya Umar alergi susu dan kacang kedelai. Kenapa? Karena memang saat itu aku sedang banyak-banyaknya mengonsumsi kacang kedelai dan susu. Untuk beberapa saat, aku tidak mengonsumsi kacang kedelai dan susu. Hasilnya? Alhamdulillah Umar sudah membaik. Kalau mau buang anginpun ga semenyakitkan dulu.. hehe... pernah kucoba minum susu selama tiga hari, eh, Umarnya rewel setiap malam. Haha... Jadi ga minum lagi deh... :)
Sekarang, saat Umar udah mau 4 bulan, aku coba mengonsumsi kedelai, alhamdulillah Umar udah kuat. Memang pernah baca, biasanya alergi makanan pada bayi baru lahir akan menghilang saat usia 3 bulan keatas. Karena pencernaannya sudah mulai sempurna. Dulu aku ga tau kalo ada makanan yang bisa memicu alergi pada bayi baru lahir. Jadi ga aware deh saat mengonsumsinya. Yah...jadi pelajaran berharga. :)

Tentang pusarnya yang menonjol, itu pun sudah membaik sekarang. Dulu Umar kita kasih koin yang dibalut dengan kassa steril, terus ditempel pake plester di pusarnya. Selama sebulan lebih. Alhamdulillah, sudah normal dan bukan hernia umbilikalis yang harus dibedah...

Semoga tulisan ini bermanfaat buat newmom seperti aku... :)

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..