Senin, 12 Januari 2015

JODOH Hari 75

Faidah Hadits 75

أَحَبُّ الطَّعَامِ إلَى اللّٰهِ مَا كَثُرَتْ عَلَيْهِ الأَيْدِي
"Makanan yang paling dicintai oleh Allah adalah makanan yang dimakan oleh banyak tangan."
(Hadits Hasan, Riwayat Ibnu Hibban dan yg lainnya. Lihat Shahiihul Jaami' no. 171)

➡Hadits ini menunjukkan tentang keutamaan makan secara berjamaah. Makan secara berjamaah pada satu wadah merupakan sebab adanya keberkahan.

➡Diantara faidah yang diperoleh dengan makan berjamaah adalah sering berjumpa dan menimbulkan rasa kedekatan di antara orang-orang yang makan bersama tersebut.

➡Selain itu, makan berjamaah pun mendatangkan keberkahan pada makanan yang dimakan. Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Wahsyi bin Harb ia berkata, "Para sahabat Rasulullah shallahu'alaihi wa sallam berkata : Wahai Rasulullah, kami makan namun kami tidak merasa kenyang. Maka Rasulullah shallahu'alaihi wa sallam bertanya "Apakah kalian makan sendiri-sendiri?" Mereka menjawab : iya. Beliau bersabda "Berkumpullah ketika kalian makan dan sebutlah nama Allah ketika hendak makan, niscaya diberikan keberkahan kepada kalian pada makanan tersebut."

➡Oleh karena itu, apabila memungkinkan untuk makan secara berjamaah maka lebih baik dilakukan, terutama di dalam satu keluarga untuk lebih mendekatkan hubungan diantara anggota keluarga. Namun, makan secara sendiri-sendiri pun hukumnya boleh sebagaimana disebutkan dalam firman Allah ta'ala:

ليس عليكم جناح أن تأكلوا جميعاً أو أشتاتاً

" Tidak ada dosa atas kalian jikalau kalian makan secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri." [An-Nur :61]

Ust Riki - Mahasiswa UIM semester akhir
@Program Jodoh

Catatan= Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan atau kekurangan  teks hadits ,segera beritahu kami.

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..