Kamis, 10 Mei 2012

Tadzkirah

Ketika kita memahami dengan baik bahwa kehidupan setelah ini adalah kehidupan yang jauh lebih baik dari kehidupan sekarang, maka secara refleks, amal kitapun akan menunjukkan hal yang sama. Semangat yang begitu luar biasa dalam mempersiapkan bekal menuju kehidupan sebenarnya yang dituju. Kehidupan akhirat adalah kehidupan yang sebenarnya. Dunia tempat kita singgah sejenak. Entah untuk berapa lama. Ada analogi yang sangat baik tentang ini yang kudapat dari seorang ustadz beberapa waktu lalu. Saat kita diberikan hadiah untuk berlibur ke Bali, dengan semua akomodasi dan fasilitas yang ditanggung sepenuhnya oleh pemberi hadiah selama seminggu, apa yang akankita rasakan saat akan berangkat menuju Bali? tentunya kita akan pergi dari rumah dengan perasaan yang begitu bahagia, karena mengetahui, bahwa kondisi di Bali lebih enak bila dibandingkan di tempat biasa kita habiskan selama ini. Kita berlibur, bersenang-senang tanpa memikirkan biayanya. Sebaliknya, jika yang kita ketahui bahwa di tempat kita tuju nanti, bukan kebahagiaan yang menanti, misalnya ada orang yang siap menagih hutang pada kita, ada orang galak yang siap memukuli kita, masihkah kita berangkat dengan sukacita? Tentu saja tidak. Jelaslah bahwa pemahaman kita tentang kehidupan akhirat sangat menentukan apa yang akan kita lakukan saat ini. Yakinkanlah diri kita, bahwa akhirat jauh lebih baik dari dunia yang berisi permainan dan senda gurau, kecuali bagi orang-orang yang tidak lalai. Surga begitu indah. Melebihi keindahan dunia manapun. Hadirkan surga di pandangan, sedekat yang kita mampu, sejelas-jelasnya, sehingga tanpa terasa, amal kitapun akan berlari mengejar surga. Menjadi jiwa-jiwa perindu keridhaan Rabbnya. Karena kebahagiaan yang sebenarnya ada ketika ridha Allah hadir membersamai kita.



-Sedikit catatan, efek dua hari berturut-turut datang ke kantor, di pagi hari, melihat kamar jenazah yang masih terbuka karena baru saja ada pasien yang meninggal. Bersyukurlah masih diingatkanNya akan kematian yang begitu dekat. Hm, semacam efek farmakologi ketika zat aktif masuk ke dalam tubuh.. :D-

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..