Selasa, 29 Mei 2012

5 ASA

Hari ini kuhabiskan di Aston Tropicana Hotel, Cihampelas untuk mengikuti Seminar Sehari "Pharmaceutical Care of Gastrointestinal Disease Patients in Hospital". Pagi harinya, aku menuju rumah sakit pukul 06.50. Tapi, angkot yang kutumpangi ngetemnya luar biasa. Sampai di rumah sakit pukul 07.43, nyaris saja telat. Dengan bergegas menuju checkeran. Aku ingin segera ke depo, karena harus verif PB sebelum aku berangkat seminar jam 8. Karena aku setengah berlari, ada temanku yang berkata seperti ini, "Inggi, kamu tuh kelebihan energi ya pagi ini?". Hehe. Kujawab dengan senyuman saja. Dan bersama Beni segera menuju depo. Ini namanya edisi verif PB tersingkat. Lihat pemakaian, permintaan, lalu tanda tangan. Kutitipkan PB pada temanku. Lalu menuju UGD untuk berangkat ke tempat seminar, karena mobil sudah menunggu. Bismillaah..

Ada banyak hal yang kuperoleh dari seminar hari ini. Pengetahuan tentang gastrointestinal disease dan farmakoterapinya itu sudah jelas, lalu mengenai kompetensi apoteker, dan motivasi di akhir seminar. Bertemu dengan dosen di ITB dulu, beberapa adik dan kakak angkatanku dulu juga. Sekalian silaturrahim. Alhamdulillaah, Allah memberikan jalan kami untuk bertemu.

Zat aktif yang terkenal di seminar ini adalah mesalazine atau 5-ASA atau 5 aminosalicylic acid. Yaiyalah.. Karena lini pertama dalam penanganan IBD atau Inflammatory Bowel Disease. Nah, aku kan suka aneh-aneh ya kadang (apa sering ya? hehe..).. Jadi kepikiran. 5-ASA ini bisa ditransformasikan jadi bener-bener 5 ASA. Maksudnya 5 asa diri. 5 harapan diri pikirku.. Bertanyalah ke diri sendiri apa ya asa atau 5 harapan diriku yang paling kuinginkan saat ini atau asa terdekatku saat ini? Peerku berarti.. Merekonstruksi kembali diri dalam hal pencapaian di kemudian hari.

Salah satu speaker di seminar tadi adalah Prof. Dr Zullis Ikawati, staff pengajar di Fakultas Farmasi UGM. Subhaanallaah.. Banyak inspirasi dari beliau. Di akhir kan beliau juga mempromosikan program magister dan doktoral di UGM, hm,, jadi kepikiran (tuh kan mulai aneh lagi..), apa aku mau S2 aja di UGM ya? Hehe. Mungkin itu bisa jadi kandidat salah satu asaku. :) Inget aja, dulu kan kota impianku itu adalah Jogja. Pengen banget tinggal di Jogja. Jadi... Gimana kalo S2 di UGM aja? Ingin sekali mencoba tinggal di kota lain (secara, belum pernah tinggal di luar Bandung untuk jangka waktu lama). Lagipula, aku merasa butuh untuk pergi jauh dulu akhir-akhir ini. Oke, kuendapkan dulu deh pikiran selintasku ini. Masih ada 4 asa yang harus kucari lagi.

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..