Sabtu, 21 Januari 2012

Sabar... Sabar... :)

Ujian Kesabaran.
Mungkin itu tema hariku untuk beberapa hari ini. 






Semenjak 2 hari lalu hingga hari ini, returan di depo begitu banyak. Kayanya ga berhenti dari pagi hingga menjelang sore. Resep depo pun sama, tidak berhenti berdatangan. Kemarin, returan dari Ruby Timur begitu banyak, setelah selesai satu kloter returan, datang returan berikutnya, hingga siang hari. Seperti biasa, billing ruangan akan memastikan apakah proses retur sudah selesai atau belum, karena jika sudah selesai, medrec pasien tersebut akan ditutup. Ketika medrec pasien tersebut sudah ditutup, maka proses administrasi untuk pasien tersebut sudah dinyatakan selesai. Billing ruby timur, yang entah siapa namanya, sering menanyakan mengenai returan pasien ruby timur. Saat itu aku mengerti, karena kemarin, pasien ruby timur memang banyak yang pulang. Berkali-kali, dan hampir selalu aku yang mengangkat telfon dari ruby timur. Mungkin ia bisa merasakan nada bicaraku yang agak berubah setelah ia menelfon beberapa kali, meskipun yang ia tanyakan memang pasien  yang berbeda.Soalnya, ia berkata seperti ini,"Gapapa ya mbak, nanya terus,buat konfirmasi aja." Hehe..yaa aku sih sebenernya gpp, cuma kalau fokus sudah mulai menurun, retur tetap banyak dan tidak logis antara order dengan kebutuhan pasien, rasanya memang sudah ingin melampiaskan emosi jiwa raga pada siapapun.. Lebay emang,, But, it's real... :)

Nah, hari ini pun tampaknya memang intensitas komunikasi dengan billing ruby timur cukup tinggi. Awalnya, lagi-lagi, seperti kemarin, ia menanyakan mengenai returan pasien tertentu. Karena dari kemarin aku selalu mengangkat telfon, lama-kelamaan aku mulai mengenali suaranya. Hingga ketika ia menelfon, aku berkata seperti ini, "Dari ruby timur ya?." Dan ia menjawab, "Iya, jangan gitu dong mbak, kan mau konfirmasi aja, sekalian biar akrab..hehe.." Gubrak.com ini sih namanya. Wahwahwah..Sekalian aja kutanyakan namanya, sebut saja Fulan.

Tak lama perawat dari ruby timur menelfon, untuk menanyakan, obat untuk pasien A, apakah Centabio salep ada di depo atau tidak. Karena itu obat, maka hanya ada di farmasi lantai dasar, dan kuminta perawat scan resep ke farmasi. Selepas jam 13, aku dan Indri menuju ke farmasi lantai dasar untuk membereskan returan farmasi yang diterima di depo dari pagi. Sekitar jam 14, aku dan Indri ke depo kembali. Setibanya di depo, telfon berbunyi.Kuangkatlah telfon tersebut. Dan... Teernyata... Bisa menebak dari mana?? Billing ruby timur! Ini penggalan telfon yang menguji kesabaranku.

"Mbak, ini dari Fulan. Mau tanya,dapet konfirmasi tentang pasien A yang obatnya centabio dicancel kan?"
"Hm, ga tau. Soalnya saya baru dari farmasi, jadi ga tau apa ada konfirmasi dari farmasi apa ga"

Karena aku tidak tahu, dan Mega sedang di dalam toilet, maka kutanyakan pada Mega,apa ia dapat konfirmasi dari farmasi atau tidak.

"Ega dapet konfirmasi dari farmasi yang centabionya dicancel ga?"
"Awalnya dari farmasi bilang, yang disediain di depo alkohol sama sofratullenya aja Bu. Terus ga berapa lama, ada telfon dari perawat yang bilang kalo centabio sama alkoholnya dicancel, jadi yang disediain cuma sofratulle aja. Aku bilang, yang centabionya kan ada di farmasi, jadi konfirm ke farmasi aja kalo itu dicancel."

Setelah aku dapat penjelasan dari Mega, kusampaikanlah ke si Fulan itu. Tapi, mungkin frekuensi kami yang tidak sama, jadi omongan kami memang agak kurang nyambung.

"Mas,katanya tadi tu bla bla bla....." (aku jelasin tuh yang Ega bilang)
"Iya, ini pasiennya udah mau pulang, tapi kok dari tadi masih kaya gini aja"
"???, terus gimana maksudnya, kan centabionya dicancel, terus sofratullenya udah diinput, jadi apa?"
"Iya, ini pasiennya tuh udah komplain mbak..."
"&*((*)#@??? Ha?? " 


Karena aku makin tidak mengerti, aku berikan saja telfon pada Mega, dan ia menjelaskan semuanya, mulai dari waktu scan resep, dan sofratulle yang sudah diinput. Setelah telfon ditutup, aku pikir, masalahnya sudah clear.
Tetapi, tak lama kemudian....

"Kring... Kring..."

Wah, feeling udah ga enak..  Ini sih curiga dari ruby timur lagi...

"Depo Farmasi dengan Inggi bisa dibantu?"
"Ya Mbak Inggi yang baik hati, punten saya teh mau konfirm yang pasien A tadi.."

Benarlah, si mas Fulan lagi.. Haduh haduh....

"Iya, kenapa Mas Fulan yang baik juga, masih ada masalah?"
"Iya, ini kan centabionya dicancel, terus diganti sofratulle..."

(Hah?? Balik lagi??!!!)

"Iya.. Terus kenapa, kan udah diinput kan Mas?"
"Tapi belum ada, ini pasiennya udah komplain...."

(Sebenernya aku ga ngerti, kenapa pasiennya komplain....:(.. makin pusing...)

"Maksudnya obatnya belum ada gitu?"
"Iya Mbak.."

(Lha kan emang belum diambil perawatnya?? Aduh aduh... )

"Iya Mas, kan emang belum ada yang ambil perawatnya.."
"Tapi kan udah dapet konfirmasi centabionya cancel, jadi ganti sofratulle..."
"Iya... -sampai sini, ketidakmengertianku makin memuncak- Tapi udah diinput Mas..."













Nada bicaraku sudah menunjukkan aku makin tidak mengerti pembicaraannya..
Lalu, si mas fulan itu bilang,
"Mbak, saya ga ngerti, saya cuma billiiing... " dengan nada memelas...

Lha, yang bilang si masnya dokter itu siapa? -pikirku geje-

"Iya tau Mas, tapi saya juga ga ngerti maksudnya Mas ini apa, dan maunya itu gimana?"
"Pasiennya tuh kan kontraktor, pakai Megalife, mau pulang, tapi obatnya belum ada. Pasiennya komplain.."
"Iya, kita udah input, tinggal diambil aja Mas.."
"Oh, ya udah..Makasi ya. "

Pfufh.. Hampir frustasi aku. Hehe.. Lebay lagi deh.. Tapi emang udah lelah dari pagi, ditambah dengan telfon yang aneh-aneh.. Dan... Semuanya itu aku yang angkat!! Haha..

Oke.. Tenangkan diri.. Semua sudah beres.
Lanjutkan meretur... Show must go on... :)

Sambil ngobrol sama NA... Tiba-tiba...

"Kring... Kring..."

Hm... Curiga lagi...:(

"Depo Farmasi dengan Inggi bisa dibantu?"
"Mbak Inggi... "

-Huaaaaa... si mas nya lagi.... -
Refleks aku menutup microphone telepon dengan tanganku dan berteriak.. "Dia lagi..."

"Iya kenapa lagi Mas?"
"Itu sofratullenya... "
"Udah diinput....Tinggal diambil aja..."

-Sabar... Sabar...-

"Iya Mbak... Hm.. Sofratullenya itu.. "
"Iya... Udah diinput, kalo mau diambil, minta perawatnya kesini aja..."
"Eh, Sofratulle itu alkes ya Mbak??" 

-sambil ketawa-ketawa si masnya... kayanya, baru ngeh deh, ternyata tuh, si masnya ngira centabio kan obat, digantinya juga sama obat lagi, ya sofratulle dia kira obat juga. Makanya pas di view penjualan dia ngesort obat, ya ga ketemu-ketemulah... mau pasien komplain juga, ga akan keliatan kalo sofratullenya udah keinput...Gubrak.com. Ini bener2 gubrak.com banget...-

"Iya Mas.. Sofratulle itu tuh alkes..."
"Oh, yaudah.. Makasi ya Mbak.. Maaf-maaf.. hehe.."
"Iya."

Masya Allah.. Ternyata..Oh ternyata... Pantesan aja ga nyambung gini pembicaraannya.. Aku ga tau, apa maksud si masnya itu apa,ga ngeh kalo dia tuh nganggapnya sofratulle itu obat..
Ya Allah...

Miskomunikasi aja bisa panjang gini...
Lagian, dari sekian kali telfon berdering dari ruby timur, hampir selalu aku yang angkat telfonnya.. Hm, mungkin lagi disuruh sabar kali ya..

Tertawalah kami-kami ini yang berada di depo.. Ckckckck.... :)
Bener-bener sesuatu banget.. Haha..






















-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..