Minggu, 22 Januari 2012

Good Leader













Tulisan ini terinspirasi dari sebuah acara di TV One. Aku lupa, apa acaranya, tapi sejenis debat gitu. Temanyaadalah "Apakah Indonesia Negara Autopilot?". Di dalam acara tersebut banyak tokoh yang ditampilkan dan mengungkapkan pendapatnya. Biasanya, untuk acara seperti ini, jarang aku tonton, apalagi kalau temanya yang tidak kusukai. Tidak kusukai ini maksudnya adalah tema yang selalu dibicarakan, tapi kenyataan dilapangan tidak ada hal konkret yang dilakukan.

Kembali ke acara televisi tadi. Di acara tersebut ada salah seorang tokoh yang sering kutunggu pendapatnya kalau beliau ada di sebuah acara, yaitu Bapak Ichsanuddin Noorsy. pada tau kan? Biasanya paparan beliau itu berbobot. Nah, yang paling aku catat dari paparan beliau di acara tersebut adalah mengenai pemimpin yang baik. Menurutnya, ada tiga poin yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar dapat menjadi pemimpin yang baik. Tiga poin itu adalah sebagai berikut :
1. Seorang pemimpin harus bisa menyejahterakan orang yang dipimpinnya
2. Pemimpin harus dapat mencerdaskan orang yang dipimpinnya
3. Ini yang paling penting, seorang pemimpin harus dapat meyakinkan orang-orang yang ia pimpin, bahwa jalan yang dilalui adalah jalan yang benar.

Wuah, langsung saja pikiranku melayang pada sosok Rasulullah SAW. Seorang pemimpin yang luar biasa. Ketigs poin tersebut ada pada diri Rasulullah. Rasulullah mampu menyejahterakan para sahabat dan ummat saat itu. Rasulullah juga sangat peduli pada ruhiyah, dan keilmuan para shahabatnya. Yang terpenting, Rasulullah mampu meyakinkan para shahabat, bahwa jalan yang dilalui itu adalah jalan yang benar, meski Rasul tak pernah menjanjikan jalan itu adalah jalan yang mudah dan menyenangkan. Karena jalan dakwah memang bukan jalan yang lurus tanpa rintangan, bahkan rintangannya jauh lebih banyak dibanding jalan lain. Begitu kuatnya keyakinan yang Rasulullah tanamkan pada shahabat, hingga para shahabat mau berkorban segalanya untuk dapat melalui jalan tersebut.

Islam memang rahmatan lil 'alamin. Bahakan, untuk menjadi seorang pemimpin yang baikpun ada aturann dan teladannya. =)

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..