Rabu, 13 Agustus 2014

Refleksi 1 Bulan MPASI

Umar menjelang 7 bulan...
Artinya, sudah hampir sebulan Umar MPASI. Alhamdulillaah, meskipun kadang bingung mau nyiapin apa, tapi semua terbilang lancar... Belum ada yang Umar ga suka sejauh ini... Hehe...

Refleksi MPASI Umar: 
1. Jadi inget perkataan seorang mbak, katanya sampai menjelang MPASI, bahkan H-1, pasti adaa aja yang udah nyuruh untuk kasih makan. Atau pas anak mau 4 bulan keatas, anak udah excited liat orang makan, pasti adaa aja yang bilang untuk kasih makan aja, karena anaknya udah lapar.. Dulu pas Umar 4 bulan, aku dibilangin gitu sama mbak Ninin. Katanya ibunya yang harus kuat. Aku sih dulu senyum-senyum aja. Daan...ternyata kejadian dong... hehe... Udah disuruh kasih makanlah, sampai coba kasih makanan ke Umar sebelum hari MPASI tiba.. hehe... Tapi alhamdulillaah... bisa tetep mulai di tanggal 16.
Note: Punya suami yang sevisi misi dalam mengurus anak itu, sampai masalah ASI dan MPASI itu perlu. :)

2. Seperti suami, aku juga ingin mengusahakan MPASI Umar homemade... tidak instant.. Paling tepungnya yang pake gasol.. kenapa homemade? Ya... lebih terjamin kesehatannya dan keamanannya... Hampir semua makanan bayi, instant, baik itu bubur, biskuit, atau sereal yang ada di pasaran menggunakan bahan pengawet. Bukannya anti banget sama makanan instan.. Tapi, selama masih bisa homemade, why not? Bukan strick ga boleh... Toh ntar Umar besar juga pasti akan ketemu dengan makanan berpengawet... But... karena masih bayi.. saluran cerna belum cukup kuat, ketahanan tubuh belum maksimal, jadi memang harus hati-hati dalam memberi makanan.. Lagipula, kebiasaan yang kita tanamkan saat makan pertamanya, akan membentuk kebiasaan makan pada saat ia beranjak besar nanti... Ini tentang investasi jangka panjang. Tapi tentu saja akan berbenturan sama lingkungan yang tak sevisi. Adaa aja yang bilang, kasih biskuit atau bubur instant juga gapapa... Atau ada yang tiba-tiba udah ngasih biskuit tanpa sepengetahuan kita, dan kita hanya bisa diam atau senyum miris.. Untuk menghindari konflik.. Hehe... Yang bisa dilakukan, ya sebisa mungkin untuk urusan makanan, kita yang handle... tapi kalau kecolongan yaa...mau gimana lagi... Itu karena visi kita tidak sama dengan lingkungan kita... ya samain dong! It's not easy... jika menyamakan visi dalam MPASI harus sampai konflik batin yang buat stress, mending ga deh.. hehr... mending emaknya sigap di preventif ajah... :)

That's my reflection about Umar's MPASI.. semoga bisa diambil hikmahnya...

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..