Kamis, 28 Agustus 2014

Menu MPASI Umar

Saat memulai MPASI pertama untuk anak yang menginjak usia 6 bulan, biasanya ibu suka bingung, mau memberi apa pada anaknya. Apalagi untuk anak pertama, yang belum pernah punya pengalaman sebelumnya. Terutama bagi ibu yang ingin MPASI nya homemade. Soalnya kalau MPASI instant udah banyak tersedia berbagai jenis dan merknya. Ada merk yang dulu juga kukonsumsi saat aku MPASI, hingga kini masih ada. Pengalaman pribadi sih bingung pas mau mulai MPASI. Apalagi yang jadi mainstream di lingkungan sekitar adalah menggunakan MPASI instant. Makanya mensosialisasikannya pun butuh keteguhan hati... <---lebay mode : on. :p

Persiapanku dulu sih nanya-nanya sama ibu, beli buku MPASI, sama baca-baca dokumen HHBF... Oiya sama nanya temen-temen yang udah pengalaman memberikan MPASI untuk anaknya. Kalau di HHBF, ada membernya yang rajin, buat jadwal MPASI selama sebulan gitu... Hehe... Kalau aku sih ga... Terus dicatat setiap harinya. Apa yang diberikan, suka atau tidak, ada alergi atau tidak, bab nya seperti apa. Aku melakukan ini, tapi cuma bertahan 3 minggu.. Hehe.. :p Yang penting kita tahu apa yang anak makan dan reaksinya seperti apa.

Karena aku tidak pakai jadwal, aku hanya membuat jadwal imajinasi di dalam otakku saja. Dua hari pertama apa, selanjutnya apa, dst.

Ini adalah beberapa makanan yang aku berikan pada Umar saat MPASI pertamanya, hingga kini sudah hampir 6 minggu MPASI.

1. Puree Pisang
Karena pisang sudah lembut, jadi tinggal dikerok saja, lalu diberikan kepada bayi. Bisa juga pisang dihaluskan, lalu tambahkan ASIP/air putih. Sesuaikan kekentalan dengan kemampuan bayi.

2. Puree Semangka
Haluskan semangka tanpa biji dengan menggunakan blender/baby food maker(grinder). Berikan pada bayi.

3. Puree Jeruk
Peras jeruk manis. Lalu berikan air jeruk pada bayi.

4. Puree Alpukat
Haluskan daging buah alpukat, bisa dengan blender/babyfood maker(grinder). Tambahkan ASIP/air putih.

5. Puree Pir
Kukus pir terlebih dahulu, lalu haluskan. Saring. Berikan pada bayi. Kalau aku tidak dikukus dulu, airnya saja yang diberikan ke Umar.

6. Puree Pepaya
Haluskan pepaya dengan blender/grinder. Berikan pada bayi.

7. Puree Wortel
Kukus wortel hingga empuk. Haluskan wortel. Campur dengan ASIP/air putih. Berikan pada bayi.

8. Puree Labu Siam
Kukus labu siam hingga empuk. Haluskan. Tambah air putih. Berikan pada bayi.

9. Puree Kabocha
Kukus kabocha hingga empuk. Haluskan. Tambahkan air putih. Berikan pada bayi.

10. Puree Kentang
Kukus kentang hingga empuk. Haluskan. Tambah ASIP/air putih. Berikan pada bayi.

11. Puree Kentang Wortel
Kukus wortel dan kentang. Haluskan. Tambahkan ASIP/air putih. Berikan pada bayi.

12. Serealia
Kalau aku pakainya tepung Gasol. Hehe. Ga numbuk sendiri. Soalnya repot. Milih Gasol memang biar ga pake pengawet, dan organik. Sebenernya sih ga harus organik juga kalau numbuk sendiri.. Ini mumpung ada yang pure dan organik, ya why not? :)
Baru nyobain 3 varian. Beras merah, jagung, sama kacang hijau.
1 sendok makan tepung Gasol+ kurang lebih 100ml air, masak dengan api mengecil, hingga mengental. Berikan pada bayi. Umar paling suka jagung.. :)

Itu sedikit menu MPASI yang sudah kuberikan pada Umar. Tahu rebus, bubur beras putih juga sudah diberikan pada Umar. Yang Umar kurang suka adalah kabocha.. hehe... Ibu bisa berkreasi dengan buah dan sayur yang lain, yang bisa dikonsumsi untuk MPASI awal ya... :)

Semangat MPASI!! :D

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..