Minggu, 24 Agustus 2014

Homemade Marshmallows

Eksperimenku yang sempat gagal kemarin dan membuat bad mood sudah berhasil, alhamdulillaah... hehe... Baru satu kali percobaan gagal, udah bete. Mentalnya nih harus diperbaiki. :D

Setelah gagal kemarin dan bete pagi hari. Siangnya setelah kondisi mood berangsur membaik dnn bisa berfikir jernih, akhirnya buka laptop, dan search cara membuatnya di Youtube. And biidznillaah, menemukan dua video yang cara pembuatannya jelas banget. Langsung whatsapp abang, dan langsung abang downloadin videonya.. hehe... Senengnya adalah nemu web www.joyofbaking.com yang luar biasa... :)

Apa sih eksperimennya? Yap. Membuat marshmallow sendiri. Cemilan yang kenyal dan manis. Pengen coba buat sendiri. Percobaan pertama pake putih telur. Sudah gagal, baunya pun amis. Setelah melihat di resep yang lain dan dua video tutorial yang kulihat tidak menggunakan putih telur, akhirnya percobaan yang ini aku ga pake putih telur... :)

Ini resep dan cara pembuatan marshmallow yang kuambil dari web www.joyofbaking.com lengkapnya http://www.joyofbaking.com/candy/HomemadeMarshmallows.html .

Resep Homemade Marshmallow (ini udah pakai resep yang kubuat kemarin. Resep aslinya bisa dilihat di link diatas)

Bahan :
21 gram gelatin (aku pakai gelatin sapi)
240 ml air dibagi dua bagian
240 gram corn syrup
Sejumput garam
1 bungkus vanila bubuk
400 gram gula pasir
Gula halus dan tepung maizena untuk taburan
Pewarna makanan

Cara membuat :
1. Siapkan loyang. Alasi dengan kertas roti atau alumunium foil. Taburi diatasnya campuran tepung maizena : gula halus 1:1. Sisihkan.
2. Tuangkan 120 ml air ke dalam wadah yang digunakan untuk mencampur.
3. Taburkan 21 gram gelatin diatas air tersebut hingga merata, tanpa diaduk. Biarkan selama 15 menit sampai air terserap oleh gelatin, dan menjadi seperti agar-agar.
4. Pada panci, campurkan gula pasir, corn syrup, dan sisa air tadi. Masak diatas kompor dengan api sedang. Aduk perlahan. Setelah gula pasir larut, aduk kembali. Api diperbesar. Kalau di resep, campuran ini dimasak hingga suhunya 115°C. Karena tidak punya candy thermometre, ya dikira-kira. Sampai mendidih dan bergelembung di seluruh permukaan campuran ini.
5. Gelatin yang sudah menjadi agar-agar dimixer dengan kecepatan rendah. Lalu tuangkan campuran yang telah mendidih tadi secara perlahan-lahan ke dalam gelatin. Naikkan kecepatan hingga yang tertinggi. Hati-hati, campuran ini sangat panas. Mixer terus hingga mengental. Kemarin sekitar 15 menit. Masukkan garam, vanili dan pewarna. Setelah adonan mengental, segera tuang ke dalam cetakan yang sudah ditaburi gula halus dan tepung maizena. Ratakan. Taburi bagian atasnya dengan tepung maizena dan gula halus agar tidak lengket.
6. Diamkan adonan selama 4-5 jam dalam suhu kamar.
7. Setelah 4-5 jam, potong sesuai selera. Pakai gunting yang sudah dicelup ke dalam tepung maizena dan gula halus.
8. Gulingkan potongan marshmallow dalam campuran tepung maizena dan gula halus.
9. Sajikan

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

4 komentar:

  1. Kenapa lagunya? :D
    hehe. ..

    BalasHapus
  2. mba,, kmren aq coba resepnya, kok pnyaku teksturnya gak bisa kenyal kaya yg beli ditoko yaa? malah mirip puding putih telur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak dhinare... saya waktu pertama kali buat juga gagal.. tapi memang pakai resep yang menggunakan putih telur.. jadinya bau amis dan cair... setelah pakai resep yang diatas, alhamdulillah berhasil. Memang banyak titik kritisnya ya... waktu itu sampai berulang kali dulu liat di video nya joyofbaking.com, sampai cukup yakin, baru buat. Yang harus diperhatikan sepertinya saat menaburkan gelatin ke atas air, lalu pendidihan campuran gula, corn syrup, ini yang penting. :)))

      Hapus

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..