Rabu, 25 Desember 2013

Bijak Dengan Sosmed

Maraknya pengguna sosial media atau sosmed ternyata menimbulkan efek negatif selain tentunya banyak pula efek positifnya. Mau share sedikit tentang salah satu efek negatif sosmed. Saat ini banyak juga yang menulis status atau tweet atau apalah itu, sebagai keluhan, curhatan, umpatan, dan semacamnya. Ada yang punya masalah dengan seseorang, tapi ia lampiaskan di sosmed. Memaki-maki orang, atau menghina.. Pada dasarnya kan sama ya... Mau di dunia nyata atau dunia maya, tetep aja akan dipertanggungjawabkan di hadapanNya. Ada lagi, efek negatifnya bisa membuat orang berprasangka buruk. Gimana caranya? Kita akan ambil contoh.

Seseorang, sebut saja A. Ia bersaudara dengan si B. Si A menulis status di facebook. Isinya tentang sindiran pada seseorang. Tapi ia tak sebut nama. Statusnya banyak dikomentari orang. Dan isi komennya akhirnya banyak yang umpatan, dll. Sebutlah C. Ia membaca status A tadi. Dan ia berasumsi, kalau status A itu menyindir si B, saudara si A. Tanpa konfirmasi pada A. Baru asumsi. Asumsi C ini, kemudian disampaikan pada D. D, yang tidak membaca status A, tidak konfirmasi ke A atau B, menganggap asumsi C ini benar. Dan ia membuat penilaian negatif untuk B.

Dari contoh tadi, ternyata bermula dari status no mention, bisa berujung pada penilaian subjektif yang belum tentu benar. Status yang dibuat oleh A, bisa jadi bukan untuk B, bukan? Tapi karena C menganggap isinya 'sepertinya' menunjuk pada B, maka itulah yang A maksud (dalam asumsi C).

Adilkah jika penilaian kita terhadap seseorang disandarkan pada asumsi? Tanpa tabayun? Apalagi asumsi yang mungkin sangat subjektif sekali....

Prasangka... Maka benarlah Allah memerintahkan kita untuk menjauhi prasangka... Bukan untuk orang lain. Tapi untuk keselamatan diri kita sendiri. Agar terhindar dari dosa.

So, bijaklah menggunakan sosmed... Yaah... Meskipun aku juga belum sempurna... Kadang masih juga pengen curhat di sosmed, melampiaskan kekesalan, dll.. Apalagi buat orang yang introvert sepertiku... :) Tapi... Harus dicoba...!!

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..