Jumat, 03 Juli 2015

JODOH Hari 125

PROGRAM Just One Day One Hadith
Jumat, 16 Ramadhan 1436 H / 3 Juli 2015

Faidah Hadits 125 | Keutamaan Surat Al Kahfi
Ustadz Ridwan Arifin Lc
------------------------
Faedah hadits ke-125

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وآله وصحبه، أما بعد:

عن أبي الدرداء رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : من حفظ عشر آيات من أول سورة الكهف عصم من فتنة الدجال. أخرجه مسلم (٨٠٩).

Hadits diatas menjelaskan keutamaan surat al Kahfi, khususnya menghapal dan memahami makna sepuluh ayat pertama surat al Kahfi, yaitu terjaga dari fitnah (ujian) Dajjal. Hal ini diperkuat dengan riwayat lain, Rasulullah ﷺ bersabda, "Siapapun diantara kalian yang menjumpai Dajjal, maka bacakan permulaan surat al Kahfi kepadanya." (H.R. Muslim 2937), "... karena bacaan tersebut akan menjaganya dari fitnah Dajjal." (H.R. Abu Dawud 4321)

Makna yang terkandung dalam permulaan surat al Kahfi merupakan benteng kokoh bagi seorang mukmin dalam menghadapi Dajjal. Karena didalamnya terdapat kisah Ashabul Kahfi yang mengalami fitnah (ujian) dalam agama mereka.

Di kampungnya, mereka (Ashabul Kahfi) dipaksa untuk mengikuti agama nenek moyang mereka. Bila tidak, mereka akan dibunuh. Lalu, mereka memutuskan untuk melarikan diri, keluar dari kampungnya demi menjaga keimanan yang ada dalam hati mereka. Kemudian, Allah mengarahkan mereka agar masuk ke dalam suatu gua dan berlindung disana. Dan disitulah, Allah menjaga diri dan agama mereka dari siapapun yang hendak memaksakan perbuatan syirik dan kufur. Allah menjaga mereka karena mereka juga berusaha menjaga kemurnian agama Allah dari praktek syirik yang dilakukan oleh  kaumnya.
Demikian pula bagi seseorang yang nantinya akan bertemu Dajjal, ia tidak perlu khawatir akan keselamatan dirinya disaat berjuang menegakkan agama Allah dihadapannya (Dajjal). Yakinlah, bahwa Allah akan melindungi dan menjaganya dari kejahatan dan makar Dajjal.

Secara umum, terdapat empat fitnah (ujian) yang diterangkan didalam surat al Kahfi, yaitu fitnah agama, fitnah harta, fitnah ilmu, dan fitnah kedudukan dan kekuasaan. Dan dari keempat fitnah tersebut, maka fitnah agama merupakan fitnah terbesar bagi seorang hamba karena benar-tidaknya suatu agama akan menentukan keselamatan pemeluknya di dunia dan akhirat. Dan lagi, dalam diri Dajjal terkumpul empat fitnah tersebut. Sehingga, siapapun yang agamanya lemah, pasti akan tertipu oleh bujuk rayu Dajjal.

Meski Dajjal yang dimaksud dalam hadits ini adalah Dajjal besar yang akan muncul saat mendekati hari kiamat. Namun, hal itu bukan berarti kita lengah terhadap para Dajjal kecil (yang mengaku sebagai nabi) yang terus muncul hingga munculnya Dajjal besar. Tentunya dengan mempelajari dan memahami isi surat al Kahfi, kita bisa terjaga dari fitnah Dajjal tersebut.

Semoga Allah melindungi kita dari fitnah Dajjal, makhluk yang banyak menyesatkan manusia dari jalan yang benar. Amin.

والله تعالى أعلم.
سبحانك اللهم وبحمدك، أشهد أن لا إله إلا أنت، أستغفرك وأتوب إليك.
وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم تسليما كثيرا.

Ustadz Ridwan Arifin, Lc
@Program JODOH
------------------------
Saran atau Kritik silahkan sampaikan kepada kami melalui WhatsApp berikut: +6281808194040

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, dll. Jika menemukan kesalahan, segera hubungi kami.

-Bersegeralah, karena waktu takkan nenantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..