Kamis, 11 Juni 2015

JODOH Hari 109

PROGRAM Just One Day One Hadith
Kamis, 23 Sya'ban 1436 H / 11 Juni 2015
Ustadz Ridwan Arifin Lc
Faidah Hadits 109| Bersiwaklah Setiap Kali Hendak Shalat
- Ustadz Fathul Ulum. Lc
⬇Download Audio
https://www.dropbox.com/s/od1571ctknshq0h/hadits%20109.mp3?dl=0
-----------------------------
Faedah Hadits ke 109

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعد:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لولا أن أشق على أمتي لأمرتهم بالسواك عند كل صلاة. أخرجه البخاري ومسلم واللفظ له.

Hadits diatas menunjukkan kecintaan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terhadap siwak. Siwak dapat diartikan dalam dua hal : kayu siwak dan perbuatan membersihkan gigi. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam amat menyukai siwak sampai-sampai Beliau mengisi beberapa kegiatan dengan siwak, seperti ketika hendak berwudhu, shalat, membaca Al Qur'an, masuk kedalam rumah, dan bangun dari tidur. Bahkan, Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga bersiwak ketika dalam keadaan berpuasa.

Meski demikian, Beliau shallallahu 'alaihi wasallam tidak mewajibkan umatnya untuk melakukannya karena hal tersebut dinilai memberatkan mereka. Begitulah perhatian Beliau shallallahu 'alaihi wasallam yang begitu besar terhadap umatnya. Sebagaimana firman Allah Ta'ala :

(لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ)

"Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin".
[Surat At-Tawba 128]

Hadits diatas merupakan dalil atas kasih sayang & kepedulian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terhadap umatnya, yaitu Beliau tidak ingin membuat umatnya merasa berat dalam melaksanakan syari'at Allah. Dan banyak sekali kejadian yang menunjukkan hal tersebut,

Diantaranya sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam :

"Disaat aku memimpin shalat dan ingin memanjangkannya, aku mendengar tangisan seorang anak kecil. Kemudian, aku menyegerakannya karena khawatir akan memberatkan ibunya (bila pelaksanaan shalatnya dipanjangkan -pen)." HR al Bukhari 868

Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga bersabda :

"Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah mewajibkan haji bagi kalian, karena itu berhajilah!. Lalu seseorang bertanya :  Wahai Rasulullah,apakah dilakukan setiap tahun ? Ia terus mengulangi pertanyaannya sampai 3 kali. Lalu, Beliau menjawab : Sekiranya kujawab iya, niscaya akan menjadi wajib bagi kalian dan kalian tidak mampu melakukannya ... Bila aku memerintahkan sesuatu, maka lakukanlah semampu kalian. Dan bila aku melarang kalian dari sesuatu, maka jauhilah." HR Muslim 1337

Selain di dunia, Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga amat memikirkan umatnya saat diakhirat. Sebagaimana hadits yang menceritakan syafaat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam atas umatnya saat di padang mahsyar (HR al Bukhari 7510, Muslim 193), yaitu saat Beliau berkata : Wahai Rabbku, umatku, umatku.

Begitulah gambaran kasih sayang Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terhadap umatnya. Dahsyatnya peristiwa yang terjadi pada hari kiamat kelak, tidak memalingkan Beliau shallallahu 'alaihi wasallam dari memikirkan nasib umatnya.

اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبرهيم إنك حميد مجيد، وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم إنك حميد مجيد.
والله تعالى أعلم

ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠّﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ

✒ Ustadz Ridwan Arifin Lc
@Program JODOH
-----------------------------
Saran atau Kritik silahkan sampaikan kepada kami melalui WhatsApp berikut :
+6281808194040

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, dll. Jika menemukan kesalahan, segera hubungi kami.

-Bersegeralah, karena waktu takkan nenantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..