Kamis, 13 November 2014

JODOH Hari 50

♻ Faidah Hadits ke-50

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد.

قال عليه الصلاة والسلام : أفضل الجهاد كلمة حق عند سلطان جائر.
رواه أبو داود والترمذي.

Dalam hadits ini terkandung perintah beramar makruf nahi mungkar. Bahkan, ia dikategorikan sebagai bentuk jihad bila mampu diterapkan pada penguasa yang zhalim.

Maknanya kebenaran tersebut disampaikan kepada pemimpin zhalim, baik secara lisan ataupun tulisan, dengan tetap memperhatikan kaidah umum dalam menasehati pemerintah, seperti disampaikan secara empat mata, rahasia, santun,  dan sabar. Sebagaimana isyarat yang terdapat pada hadits diatas, yaitu menggunakan kata عند yang menunjukkan dekat.

Dikatakan sebagai seutama-utamanya jihad dikarenakan manfaatnya yang begitu besar karena disaat pemimpin berbuat zhalim, maka efeknya akan dirasakan oleh rakyat. Dan bila ada yang menasehatinya maka ia telah berusaha mencegah kezhaliman terhadap banyak orang. Sebagaimana dinukil dari Imam al Munawi dalam syarh-nya terhadap hadits jami'us shagir.

Adapun yang dipahami oleh khawarij bahwa hadits diatas sebagai bukti bolehnya khuruj (memberontak) terhadap pemerintah merupakan pendapat yang lemah dikarenakan hadits ini tidak menunjukkan akan hal tersebut.

Wallahu A'lam.
Wallahul Muwaffiq.

�� Ust Ridwan Arifin.

♻Program Jodoh.

{Just One Day One Hadits}

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..