Kamis, 13 November 2014

JODOH Hari 49

♻ Faidah Hadits 49

أكثروا ذكر هاذم اللذات الموت
Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan, yakni kematian.

Penjelasan Hadits

Hadits ini berisi anjuran untuk banyak mengingat kematian. Yakni, agar kita terus mengingat di dalam diri kita bahwa suatu saat nanti kita akan meninggalkan kehidupan dunia ini menuju ke kehidupan akhirat.

Kesenangan maupun kesengsaraan di dunia adalah sesuatu yang sementara. Sedangkan kehidupan akhirat adalah sesuatu yang abadi, baik kenikmatan surga maupun adzab neraka yang ada di alam akhirat tersebut.

Oleh karena itu, dengan mengingat kematian maka seseorang yang terjerumus dalam kelalaian akan menjadi sadar. Dengan mengingat kematian pula, seseorang yang sedang mengalami kesengsaraan hidup di dunia akan menjadi tenang hatinya karena kesengsaraan yang dialaminya hanyalah sementara.

Sabda Rasulullah shallahu'alaihi wa sallam ini adalah sebuah obat hati bagi setiap muslim dan muslimah. Karena, di dalam kehidupan dunia hanya ada keadaan, kesenangan dan kesengsaraan. Maka dengan mengingat kematian, seseorang yang sedang berada dalam kesenangan tidak akan terjerumus ke dalam kelalaian. Dan, seseorang yang sedang ditimpa kesengsaraan hidup tidak akan menjadi sesak hatinya jika ia mengingat akan kematian.

Wallahu ta'ala a'lam.

Ust Riki

♻Program Jodoh
(Just One Day One Hadith).

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..