Rabu, 01 Oktober 2014

JODOH Hari 14

Faidah Hadits 14

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد.

قال النبي صلى الله عليه وسلم : الكلمة الطيبة صدقة. أخرجه البخاري ومسلم.

Hadits ini dan yang semisalnya berada dalam lingkup keumuman makna hadits
كل معروف صدقة
"Segala bentuk kebaikan bernilai sedekah" (H.R. Muslim)

Dikisahkan bahwa sebagian sahabat pernah menceritakan kepada Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam tentang keutamaan para sahabat lainnya yang selain mereka beribadah, mereka juga bisa bersedekah dengan kelebihan hartanya. Lalu, Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam memberikan solusi (agar mereka semangat untuk saling berlomba dalam kebaikan) dengan menyebutkan beberapa perkara kebaikan sambil menyatakan bahwa kebaikan tersebut termasuk sedekah.

Kaum muslimin -hafizhakumullah-

Islam itu indah. Siapapun diberi peluang untuk menjadi yang terdepan, (yaitu yang paling bertakwa kepada Allah ) tanpa pandang usia, ras, ataupun kedudukan. Semua memiliki kesempatan. Bahkan Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam menyatakan bahwa seluruh umatnya akan masuk surga kecuali mereka yang enggan.

Islam itu indah. Berbagai macam amal kebaikan dijelaskan, mulai dari amalan yang ringan sampai yang berat & butuh pengorbanan. Hal itu merupakan bukti real (nyata) akan firman Allah Ta'ala ; "Bertakwalah kepada Allah semampu kalian". Sehingga dalam kondisi bagaimanapun, seorang muslim tetap bisa beribadah kepada Allah Ta'ala.

Kaum muslimin -hafizhakumullah-

Perhatikan hadits berikut: Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda, "Setiap muslim wajib bersedekah." Sahabat bertanya, "Adakah solusi bila ia tidak mampu?" Beliau menjawab, "Hendaknya ia bekerja, sehingga bermanfaat untuk dirinya & juga bisa bersedekah." Sahabat bertanya lagi, "Bila tidak mampu (seperti itu)?" Beliau menjawab, "Hendaknya dia membantu mereka yang membutuhkan pertolongan." Ditanyakan lagi, "Bila tidak mampu?" Beliau jawab, "Hendaknya ia memerintahkan kepada hal yang makruf atau kebaikan" Ditanyakan lagi, "Bila tidak mampu?" Beliau jawab, "Hendaknya ia menahan dirinya dari berbuat keburukan karena hal tersebut juga sedekah." (H.R. Muslim)

Salah seorang dosen kami, Syaikh Ahmad Al Qarni -hafizhahullah- pernah mengatakan bahwa apabila seorang yang tidur & berniat ( dengan tidurnya) menahan diri dari berbuat keburukan seperti ghibah, dll maka dia telah bersedekah.
Subhanallah, wa lillahil hamd.

Marilah kita perbanyak berbuat kebaikan & jadikanlah hal tersebut layaknya tameng yang melindungi kita dari panasnya api neraka.

اللهم ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار.
والله تعالى أعلم.
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك.
وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.

Ust Ridwan Arifin
-Mahasiswa UIM-
@Program Jodoh

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..