Kamis, 27 Februari 2014

Growth Spurt

Beberapa hari ini Umar cukup rewel, tidur siangnya sangat sedikit, atau bahkan tidak tidur siang. Di siang hari, tidur lima menit, ga lama bangun lagi. Nangis. Sering sekali menyusui, hampir sejam sekali atau 30 menit sekali. Baru minum susu, tak lama nangis dan minta mimi lagi. Jadwal tidur malem alhamdulillah ga terlalu berubah. Tapi tidur malemnya jadi lebih malem, baru tidur jam sepuluh atau lebih. Karena siang tidurnya kurang, otomatis ngaruh ke ritme aktivitasku. Susah ngapa-ngapain. Hehe.. Baru ditinggal bentar, udah minta mimik lagi.

Pas lagi kaya gini, jadi inget growth spurt atau percepatan pertumbuhan. Searchinglah di internet. Banyak baca, dari the urban mama, mommies daily, sama ayah bunda. Intinya sama. Growth spurt ini terjadi di masa pertumbuhan, bahkan sampai remaja.  Waktu growth spurt untuk tiap bayi beda-beda. Tapi ada beberapa waktu yang umum, saat 7-10 hari pasca lahir, 2minggu, 4-6minggu, 3bulan, 6bulan, 9bulan. Eh, tapi lebih jelasnya liat di referensi tadi aja. Lebih terasa pada bayi ASI. Karena pada bayi dengan ASI, ASI mudah dicerna, sehingga bayi mudah lapar. Sedangkan pada bayi dengan susu formula, lebih sulit dicerna, sehingga rasa kenyang lebih lama. Berasa sekali pada ibu dengan bayi ASI, karena katanya, jadi keteteran, susah ngapa-ngapain. Hahaha...aku banget itu. Harus pinter-pinternya manajemen waktu.

Ciri-cirinya sama banget kaya Umar. Hampir nonstop menyusui, jadwal tidur siang hancur... Tidur siang sedikit, mudah sekali bangun. Selalu ingin dekat sama ibunya buat mimik. Selalu mimik seakan selalu haus dan lapar. Rewel.

Yap, ternyata Umar sedang growth spurt.. Ini masuk usia 1,5 bulan alias 6minggu. Yah...termasuk dalam range waktu growth spurt kalo di referensi yang kubaca.

Okelah... Berarti ini adalah tahap yang wajar dan penting dalam pertumbuhan Umar. Jadi ya harus dihadapi... Dilewati dengan baik. Solusinya, ikuti keinginan bayi, katanya.

Semoga Allah beriku kesabaran untuk melewati ini. Dan menjadikanku ibu yang bijak. :)

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

1 komentar:

  1. beybi umaaar, dirimu imyuttt banget dek.. *krauk pipi umar :3

    BalasHapus

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..