Selasa, 08 Maret 2011

Kenikmatan Yang Terlupa

Jika selama ini kita terbiasa berada di tengah-tengah apa yang biasa orang sebut dengan "Zona Nyaman", maka akan sangat berbeda ketika kadaan memaksa kita untuk keluar dari zona tersebut. Zona nyaman disini yang dimaksud adalah kondisi dimana ibadah kita menjadi sesuatu yang bisa dengan mulus dilakukan, nyaris tanpa hambatan, kecuali rasa malas dari dalam diri. Ketika kita bisa melaksanakan shalat di awal waktu, tilawah yang 1 juz, dan semua orang di sekitar kita berbicara tentang indahnya dakwah, maka itulah kondisi yang seharusnya benar2 disyukuri. Tetapi sebaliknya, banyak diantara kita yang lupa mensyukurinya. Bahkan mungkin tidak menyadari bahwa hal tersebut adalah suatu kenikmatan yang tak terganti dengan kenikmatan dunia sekalipun. Baru menyadari ketika kenyamanan beribadah telah hilang dari kehidupan kita yang kita jalani. Termasuk aku. ketika sekolah, kuliah, ibadah menjadi sesuatu yang sanagt mudah dilakukan.Tetapi, ketika masuk ke dunia kerja, semua berbeda. Terkadang untuk melaksanakan shalat lima waktu di awal waktu, butuh perjuangan keras. Saat itulah, baru kusadari. Ada kenikmatan yang hilang. Kenikmatan beribadah dengan nyaman.
Namun, disatu sisi, aku melihat itu sebagai sebuah tarbiyah dari Allah. Agar aku bisa lebih berjuang demi tetap menghambakan diri padaNya dngan baik. Disitulah saat kita diuji, apakah yang lebih penting bagi kita. Jika godaan dunia yang begitu sedikit bisa melenakan kita untuk berpaling dariNya, maka apa yang akan kita banggakan di hadapanNya saat kita bertemu denganNya kelak..
Karena kita tak selalu berada dalam kondisi yang baik untuk beribadah. Seperti saudara Palestina kita yang nyaris slalu berada dalam kondisi antara hidup dan mati ketika beribadah. tapi, tak satu langkah pun mereka berbalik.

Subhanallah... semoga kita lebih peduli dengan kenikmatan yang mungkin sering tak kita sadari. Karena sesuatu akan sangat terasa brharga ketika kita tak lagi memilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..