Sabtu, 07 Februari 2015

JODOH Hari 97

��SYARAH HADITS 97

"Bertakwalah kepada Allah pada shalat dan budak-budak kalian."
Hr Al-Khathib.

Faidah:
1. Ibnu Majah meriwayatkan bahwa Rasul mengulang-ulang wasiat tentang shalat dan budak saat sakit menjelang wafat beliau. Hal ini menunjukkan pentingnya kedua hal ini

2. Shalat adalah rukun Islam yang kedua. Meninggalkannya dengan sengaja adalah dosa besar. Imam Asy-Syafii bahkan berfatwa bahwa hukuman baginya adalah penjara sampai shalat, jika tetap enggan maka dihukum mati.
Meyakini bahwa shalat tidak wajib adalah kekufuran menurut kesepakatan ulama.

3. Budak diakui dalam Islam. Hikmah tidak dilarangnya perbudakan banyak, di antaranya adalah karena banyak budak yang jika tidak berada di bawah majikannya, akan telantar.

Hal ini tak patut menjadi celaan untuk Islam. Agama-agama lain sebelum Islam pun tidak ada yang melarang perbudakan.

Justru Islam memberikan kesempatan merdeka seluas-luasnya bagi para budak. Banyak kafarat yang tebusannya adalah membebaskan budak. Budak dapat memerdekakan dirinya sendiri. Banyak ayat dan hadits menjelaskan keutamaan memerdekakan budak. Islam juga mewajibkan memberi makan mereka sebagaimana majikan makan, memberi pakaian mereka sebagaimana majikan berpakaian,  haram membebaninya lebih dari kemampuannya, serta perintah membantu pekerjaan mereka....dst.

4. Ajaibnya, pihak-pihak yang mencela Islam karena melegalkan perbudakan justru melakukan penjajahan, penyiksaan tawanan, melegalkan pelacuran, dst yang jauh lebih keji.

5. Shalat ialah hak Allah, menunaikan hak budak ialah hak sesama. Keislaman akan pincang tanpa hablun minAllah dan hablun minanNaas.

Wallahul muwaffiq.

 Ust Fajri hafidzahulllah

Program Jodoh
Catatan : Mohon maaf jika terdapat kesalahan penulisan teks hadits,dsb. Jika menemukan kesalahan, segera beritahu kami.

-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..