Jumat, 22 Juni 2012

Akreditasi

Baru tersadar kesalahanku di pagi hari yang cerah ceria ini. Tau apa? Aku baru ngeh kalau aku salah buat jadwal!! Hari ini kan hari Jum'at, tapi aku malah menempatkan Ahmad hari ini di pagi. Padahal biasanya kan para lelaki depo itu ga kutaruh di pagi kalau Jum'at.. Kutaruh di siang. Jum'atan soalnya. Kalau hari ini aku stay di depo sih ga masalah. Tapi hari ini aku ada seminar di Hotel Aston Primera Pasteur. Jadi gimana nih? Ntar teh Rita ditinggal sama Beni dan Ahmad jum'atan. Aku pernah merasakan ditinggal Gumi dan Beni saat jum'atan dulu. Diserbu resep dan retur yang banyak. Kewalahan. Benar-benar diuji kesabaran dan kecepatan. :) Gimana ini? Hadeh.. Inggi.. Ga ngecek jadwal lagi sih kamu.. Mau sms Siti, udah terlanjur pagi.. Yasudah. Berarti minta bantuan anak apotek aja naik saat Beni dan Ahmad jum'atan. Alhamdulillaah bisa. 

Waktuku di depo hanya singkat saja. Buat pendingan tentang obat kemoterapi dan pasien penjamin. Besok aku test aja anakku besok pagi. Ngecek, apakah pendingan sampai dengan benar atau ada distorsi. Tapi harus pagi aku datang besok. Besok aku seminar lagi jam 8. Oke. Kucatat saja apa yang harus kulakukan besok. Maklum, sebagai bagian dari komunitas pelupa, yang seperti ini memang harus dicatat. Hehe.. bangga lagi.

Pukul 11.00, aku dan temanku diantar oleh driver kantor ke Aston Pasteur. Seminar dimulai pukul 13.00.  Tema seminar yang kuikuti hari ini adalah Hospital Management Up Date. Mempersiapkan Farmasi Rumah Sakit Menuju Akreditasi JCI. Yap. Tahun 2013 nanti, rumah sakit kami akan reakreditasi JCI. Jadi sekarang sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan untuk akreditasi internasional tersebut. Sarana pembelajaran sih iya, tapi pusingnya juga dapet. Hehe..

Oke. Back to seminar. Materi hari ini difokuskan mengenai logistik farmasi. Pengelolaannya, SDMnya, dan workshopnya. Ternyata memang logistik tidak semudah yang terlihat dari luar. Apalagi logistik farmasi. Terutama masalah expired date. Sensitif dan urgent. Karena suatu hal yang fatal jika obat yang diberikan kepada pasien adalah obat yang expired, bukan? Patient Safety. FEFO. First Expired Firs Out. Terngiang-ngiang aja selama seminar. Oh, tapi ada satu hal yang paling kuingat dari salah satu pembicaranya. LOGISTIK itu LOGIC, DISIPLIN, dan UNIK. Itu rumusnya. Artinya, pengelolaan logistik itu harus logis. Semua terukur, ada KPI nya alias Key Performa Indicatornya. Disiplin dalam pengelolaan dan personilnya. Dan unik. Antara logistik yang satu dengan yang lain, perlakuannya pasti berbeda, standar berbeda, karena yang dihadapi di lapanganpun berbeda. Baiklaah.. Praktekkan ya.. JCI oh JCI.. Akreditasi oh akreditasi... :)

Ngomong-ngomong soal akreditasi, kalo akreditasi diri gimana ya? Ada self assessment yang harus kita lakukan setiap penghujung malam, dengan bersaranakan air wudhu dan selembar sajadah... Dengan auditor langsung dari Dzat Yang Maha Adil dalam menilai, dan Maha Mengetahui dengan detail apa yang kita lakukan.. Tak ada yang dapat disembunyikan dariNya. Saat dimana diri berada dalam kondisi sejujur-jujurnya.. :)


-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..