Rabu, 17 April 2013

Pribadi Pilihan Diri

Kepribadian seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang mendidiknya. Adalah wajar, ketika ada dua orang dengan latar belakang keluarga yang berbeda, melakukan hal yang berbeda ketika dihadapkan pada masalah yang sama.

Ah, jadi teringat sesuatu...
Bagaimana seorang anak itu bersikap, tentulah tidak jauh-jauh dari bagaimana orangtuanya bersikap pada anaknya selama ini. 
Jika seorang anak dibesarkan dalam kemarahan, maka ia akan memiliki ketakutan yang cukup besar. Ia takut jika melakukan sesuatu, takut salah, dan ujungnya adalah takut dimarahi.
Jika seorang anak dibesarkan dalam ketidakpercayaan akan kemampuan dirinya, maka ia akan tumbuh menjadi seseorang yang minder, merasa tidak memiliki kemampuan yang layak untuk dihargai, karena apapun yang ia lakukan, adalah sesuatu yang dianggap tak bernilai oleh lingkungannya. 
Jika seorang anak dibesarkan dalam kecurigaan, dan buruk sangka, maka ia akan menjadi seseorang lebih didominasi oleh pikiran-pikiran negatif dalam dirinya. 
Dan jika seorang anak dibesarkan dalam lingkungan yang tak memberinya energi positif, maka lihatlah, ia akan tumbuh menjadi seorang yang tertutup dan lebih memendam perasaannya sendiri. 

Sebuah refleksi, ketika diri ini berkaca ke dalam jiwa, dan menyadari, betapa hampir 26 tahun ini, belum banyak perbaikan yang dihasilkan... Astaghfirullah... :(

Karena hidup itu adalah pembelajaran.. Kita selalu dapat memilih satu dari dua..
Selalu dapat mengambil pelajaran, meski dari hal terburuk sekalipun...


-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..