Selasa, 09 April 2013

Memoar ITSAR 2009 : LKO ITSAR


Tulisan dari Nibras Hanif,, Ketua LKO ITSAR 2009

LKO ITSAR

LKO-latihan kepemimpinan dan organisasi, adalah sebuah acara yang tak asing lagi bagi anak-anak ITSAR. Acara ini rutin setiap tahun dilaksanakan. Dari namanya saja pasti ketahuan, tujuan acara ini adalah melatih kader-kader SMP untuk memimpin suatu organisasi, mengenalkan apa sebenarnya organisasi itu, bidang apa saja yang ada dalam organisasi dan pernak-pernik organisasi lainnya.

LKO 2009. syuro di SMPN 8 Bandung adalah awal dari perbincangan masalah LKO. Yang terpilih sebagai pemegang bendera LKO adalah Nibras. Seorang kader dari SMPN 13 bandung. Awalnya ia keberatan, namun setelah dipikir-pikir, “kalau saya tidak berlatih menjadi pemimpin dari sekarang, kapan lagi. Tapi kalau ada masalah, saya minta teman-teman yang sudah berpengalaman untuk membantu saya.”. Ucapnya. Beberapa detik setelahnya ruangan tempat kami rapat bergetar oleh suara takbir.

Setelah beberapa kali syuro, kami menentukan waktu LKO, yaitu tanggal 28, 29, dan 30 Desember 2009. LKO yang biasanya identik dengan SMPN 5, untuk tahun 2009 ini berpindah ke SMPN 2 Bandung karena di SMPN 5 ada sedikit masalah dengan sekolah. Bidang-bidang beserta pj (penanggungjawab) nya pun ditentukan. Bidang acara Dipj-i oleh ka Anta, ada teh Rini dan teh rahmi di bidang materi, ka yahdi sebagai pj danus, ka jabal di logistic, dan ibay bertindak sebagai pj penilai. Syuro-syuro besar dirasa kurang efektif karena hanya sedikit yang datang, akhirnya kami memilih syuro dengan pj-nya saja.

Sekitar h-14 kami mengadakan syuro besar untuk menentukan iuran peserta dan panitia. Kami sepakat, iuran peserta as-sabqien 13.000, peserta ash-shaff 10.000 dan panitia 15.000. H-4 ada sedikit masalah. Lencana yang harusnya sudah di pesan, belum juga dipesan. Kami sedikit bingung. Tapi akhirnya ada tetangga salah satu kader yang bisa membuat lencana dengan harga tidak terlalu tinggi namun tepat waktu.

Pembukaan hari pertama dibuka dengan cukup menarik, berbeda dengan lko tahun-tahun sebelumnya. Lko kali ini dibuka layaknya acara kawinan. Wakil dari peserta ash-shaff dan as-sabaqqien dipersilahkan untuk mengucapkan semacam ijabkabul namun berisi peraturan-peraturan lko. Para peserta yang biasanya mendapat diktat tebal, untuk tahun ini mereka diberi cd berisi materi dan sebuah buku ringkasan materi yang tipis.
Hari pertama dan kedua berisi tentang materi-materi dan beberapa simulasi. Di akhir hari kedua, peserta diberi pengarahan tentang role play yang akan dilaksanakan pada hari ketiga. Di hari ketiga, peserta melakukan role play, yaitu simulasi di mana peserta mengadakan satu acara besar seperti m-camp, lko, liga dsb. Peserta as-sabaqqien diharuskan merekrut peserta ash-shaff.
Menjelang acara puncak, kami sedikit bingung karena acara puncak yang rencananya dilaksanakan di lapangan terhambat oleh hujan. tapi alhamdulillah hujan reda. Kami pun melaksanakan acara puncak itu di lapangan. Kesalahan-kesalahan peserta oleh panitia diunkap pada acara ini. Di tengah acara hujan kembali turun. Tapi semangat peserta tak kan luntur oleh hujan. acara ini diakhiri dengan penulisan tekad peseerta pada selembar karton dan pemberian emblem untuk peserta ash-shaf dan lencana untuk peserta as-sabqqien.

Kami tahu ini bukan langkah terakhir kami. Semoga lko tahun depan lebih luar biasa. ALLAHU AKBAR!!!


-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

Blog Archive

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..