Kamis, 28 Juni 2012

Linezolid

Linezolid. 
Jadi ingin menuliskan tentang zat aktif ini disini. Berawal dari kejadian tadi siang sebenarnya. Saat itu aku sedang di depo. Ada returan salah seorang pasien. Cuma 1 item. Hanya 10 tablet alias 1 strip. Tapi harganyaa... Subhaanallaah.. sekitar 7,2 juta!! Untuk 10 tablet. Jadi harga per tabletnya 720ribuan.. Masya Allah.. Mahalnyaa.. Pasien tersebut menolak obat antibiotik itu, makanya diretur. Padahal, pasien itu adalah pasien dari lantai 8 yang tergolong pasien mampu (di lantai 8 itu kamarnya mulai dari junior suite hingga president suite). Kebayang kan, gimana kalau orang yang ekonomi menengah ke bawah, dikasih obat ini???? ckckckck..

Nah, obat itu zat aktifnya adalah Linezolid. Bermerk Z**X, buatan salah satu pabrik farmasi ternama di dunia. Sedikit heran aku. Soalnya harga Z**OX infus dengan tablet tidak jauh berbeda. Hampir sama. Hanya beda puluhan ribu lebih mahal yang infus. Asumsiku, mungkin untuk tabletya, eksipiennya bukan zat yang biasa-biasa, untuk mempertahankan stabilitasnya. Ini baru perkiraanku saja. Hehe..

Linezolid adalah salah antibiotik sintetis yang digunakan untuk mengatasi infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri gram positif yang sudah resisten terhadap antibiotik lain. Linezolid aktif untuk menghadapi infeksi yang disebabkan oleh Streptococcus, vancomycin resistant enterococci (VRE), dan methicillin resistant Staphyllococcus aureus (MRSA). Indikasi utama dari linezolid adalah untuk pneumonia, terutama yang disebabkan oleh pneumonia yang disebabkan karena infeksi nosokomial. 

Baru ngeh. Aku dikelilingi oleh obat-obatan mahal. Hm.. Betapa nikmat sehat itu benar-benar berharga ya.. tapi baru terasa berharga biasanya setelah kita diuji oleh sakit. Ketika nikmat sehat itu sedang diambil dari diri kita. 


-Bersegeralah, karena waktu takkan menantimu-
-Bergeraklah, karena diam berarti kematian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Alam Pejuang

Kehidupan yang dimaknai dengan kontribusi
Kehidupan yang diwarnai dengan amal nyata
Karena kita,, dilahirkan untuk menjadi Pengukir Sejarah

About Me

Foto saya
Seorang sanguinis, yang lebih menyukai menumpahkan segala sesuatunya melalui tulisan. Karena dengan menulis, membuatnya merasakan kebebasan dan petualangan. Mencoba menata diri untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan lebih mencintai Rabbnya dari waktu ke waktu..